Materi Iklan

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.
  • Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta  ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
  • Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media (Rhenald Kasali).
Fungsi Iklan
  1. Memberikan Informasi (Informing)
  2. Membujuk (Persuading)
  3. Mengingatkan (Reminding)
  4. Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
  • Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
  • Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
  • Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
  • Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
  • Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
  • Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
  • Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
  • Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.

Ciri Ciri Iklan

Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
  • Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
  • Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
  • Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
  • Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.

Syarat- Syarat Iklan

Agar suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.
  1. Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
  2. Jelas dan Mudah dipahami
  3. Menarik perhatian banyak orang
  4. Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.

Tips Dalam Membuat Iklan

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan ketika akan membuat sebuah iklan.
  1. Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan efektif.
  2. Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
  3. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar.
  4. Gunakan slogan yang mudah diingat calon konsumen dll.

Komentar