Materi Iklan
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.
- Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
- Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media (Rhenald Kasali).
Fungsi Iklan
- Memberikan Informasi (Informing)
- Membujuk (Persuading)
- Mengingatkan (Reminding)
- Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
- Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
- Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Ciri Ciri Iklan
Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
- Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
- Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
- Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.
Syarat- Syarat Iklan
Agar suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.
- Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
- Jelas dan Mudah dipahami
- Menarik perhatian banyak orang
- Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.
Tips Dalam Membuat Iklan
Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan ketika akan membuat sebuah iklan.
- Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan efektif.
- Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
- Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar.
- Gunakan slogan yang mudah diingat calon konsumen dll.
Komentar
Posting Komentar